Apa Itu Prostat? Kenali Seputar Prostat

Newsartstory.com - Apa Itu Prostat? Kenali Seputar Prostat. Pernah alami prostat? Tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat bekerja yang mengharuskan ke toilet setiap kali. Lantas penyakit apakah itu prostat?

Baca juga: Simak Seputar Nyeri Haid Pada Wanita

Apa Itu Prostat?

Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk seperti kastanye yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Kelenjar ini terletak di sekitar uretra, saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh. Fungsi utama prostat adalah memproduksi cairan semen yang mendukung dan melindungi sperma.

Lantas Apa Gejala Terjadinya Prostat?


Gejala masalah prostat dapat mencakup kesulitan buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, nyeri atau ketidaknyamanan saat buang air kecil, dan perubahan dalam aliran urin. Pembengkakan prostat atau kondisi seperti prostatitis atau hiperplasia prostat benigna (BPH) dapat menyebabkan gejala ini. Jika Anda mengalami masalah seperti itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut.

Cara Atasi Gangguan Prostat

Dalam mengatasi penyakit prostat tergantung pada penyebabnya. Ada beberapa metode umum yang dapat dilakukan yakni:

Baca juga: Mengenal Penyakit Karbunkel

1. Pengobatan Medis: Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengatasi gejala atau mengurangi pembengkakan prostat, tergantung pada kondisi spesifik. 

2. Terapi Hormon: Untuk beberapa kasus, terutama kanker prostat, terapi hormon dapat digunakan untuk mengurangi produksi hormon yang memicu pertumbuhan sel kanker.

3. Pembedahan: Dalam beberapa situasi, seperti BPH atau kanker prostat yang lebih serius, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat.

4. Perubahan gaya hidup: Menerapkan perubahan pada gaya hidup seperti diet sehat, olahraga teratur, dan menghindari faktor risiko tertentu dapat membantu mengelola gejala atau mencegah kondisi prostat memburuk.

Baca juga: Vertigo: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk diagnosis yang akurat dan rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi spesifik yang dialami. Perubahan gaya hidup mungkin menjadi salah satu yang terbaik untuk mengurangi prostat datang. Atau dapat konsultasi terlebih dahulu ke dokter umum yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis