Mengulas Seputar Fitur Proxy WhatsApp di Android dan iOS

Newsartstory.com - Mengulas Seputar Fitur Proxy WhatsApp di Android dan iOS. WhatsApp (WA) telah rilis fitur baru yakni proxy. Fitur ini agak berbeda dengan fitur baru WhatsApp pada umumnya, lantaran hanya akan berfungsi dalam kondisi tertentu.

Baca juga: Mengenal Apa itu HTTP dan HTTPS ?

Misalnya, ketika akses internet diblokir atau layanan WhatsApp dibatasi karena situasi tertentu. Jadi, fungsi proxy WhatsApp adalah memungkinkan pengguna untuk tetap bisa mengakses layanan WA meskipun internet atau layanan diblokir pemerintah. Layaknya seperti VPN pada umumnya.

Sebelumnya, WhatsApp tidak merancang aplikasinya untuk bisa digunakan lewat proxy atau VPN. Hal itu sempat ditulis dalam laman dukungan WhatsApp. Setelah fitur proxy WhatsApp dirilis, ketentuan itu kemudian dihapus. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Baca juga: Indonesia Akan Membuat UU Media Untuk Bayar Konten

Apa itu proxy WhatsApp ?

proxy adalah penengah antara perangkat dan internet yang biasanya terletak di antara komputer lokal dan jaringan internet yang digunakan pengguna. Ketika menggunakan proxy, misalnya ketika Anda "googling", perintah itu akan dikirim ke proxy server terlebih dahulu.

Proxy server kemudian akan meneruskan perintah atau permintaan dari pengguna ke internet menggunakan alamat IP (IP address) dari proxy server, bukan IP pengguna. Kemudian, perintah tadi akan dikirimkan lagi dari proxy server ke pengguna.

Baca juga: Download GBWhatsapp Apk untuk Android

Jadi, ketika layanan WhatsApp atau internet di suatu wilayah diblokir, pengguna masih bisa menggunakan WA lewat proxy server. Hal ini akan memungkinkan komunikasi WhatsApp tetap bisa dilakukan melalui server proxy tersebut, sebagaimana dilansir dari Sam Mobile. Namun, WhatsApp tidak menyediakan server proxy.

Pengguna yang berada di lokasi terisolir, harus memutar otak untuk mendapat koneksi sementara waktu untuk mencari proxy server yang bisa digunakan di wilayah mereka. Alternatifnya, mereka harus mencari cara menjangkau kerabat yang masih tersambung dengan internet untuk mendapatkan alamat proxy.

Baca juga: Pembaruan WhatsApp "Kirim File dan Grup Chat" untuk Android dan iOS

Ada banyak alamat proxy server gratis yang disediakan oleh sukarelawan maupun organisasi tertentu. Namun, apabila menggunakan proxy server dari pihak ketiga, konsekuensinya adalah alamat IP akan diketahui oleh penyedia server. Kalian juga dapat membeli proxy premium di toko online.

Cara Aktifkan Proxy WhatsApp di Android dan iOS

  • Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru
  • Buka WhatsApp
  • Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas Pilih "Setelan/Pengaturan"
  • Pilih "Penyimpanan dan Data". Gulir layar ke bawah, klik "Proxy". 
  • Geser tombol proxy ke kanan untuk mengaktifkan. 
  • Masukkan alamat proxy yang sudah didapatkan. 
  • Klik "Simpan". Akan muncul keterangan "Terhubung" apabila proxy berhasil diaktifkan.

Baca juga: Fitur Avatar 3D Whatsapp Akan Segera Hadir

Apabila sudah terhubung, tetapi pesan gagal terkirim atau diterima, ada kemungkinan proxy server sudah diblokir. Sehingga, Anda harus mendapatkan alamat lain dan mengganti alamat proxy yang sudah dihubungkan tadi. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan berfungsi apabila suatu wilayah mengalami pembatasan layanan atau internet diblokir.

Baca juga: Update Terbaru Fitur Lingkaran di WhatsApp

WhatsApp sendiri diblokir di sejumlah negara seperti China, Korea Utara, Vietnam, Iran, dan sejumlah negara lain. Sementara di Indonesia, kemungkinan tidak akan diblokir karena Indonesia pengguna WhatsApp terbesar.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis