Mengenal Apa itu " Kill The Messenger" ?


Newsartstory.com - Mengenal Apa itu Kill The Messenger ? Dalam kamus bahasa Indonesia, Kill The Messenger yang berarti Membunuh Pesan. Khususnya untuk para jurnalis yang hendak menyampaikan pesan kepada audiens. Kill The Messenger terdapat pesan dan si penyampai pesan, tetapi kemudian pesan dan si penyampai pesan itu yang dihajar dan dijatuhkan.

Baca juga: Alami Catcalling ? Pengertian Apa Itu Catcalling ?

Jadi yang dilakukan adalah menciptakan cerita-cerita bahkan fitnah. Membuat si penyampai pesan, kredibilitasnya menjadi jatuh sehingga pesannya tidak bisa dipercaya. Seseorang melakukan Kill The Messenger memang hanya bertujuan agar pemberi pesan tidak dipercaya lagi sehingga orang-orang menuduhnya.

Bukan hanya itu saja, Kill The Messenger juga bertujuan membatasi ruang gerak publik dengan cerita-cerita sehingga kritik dibalas intrik, argumen dibalas sentimen.

Baca juga: Pengertian Apa itu Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Pada Cerita

Tidak ada kasus pun diada-adakan. Itu strategi Kill The Messenger yang  seharusnya diwaspadai. Karena sekali lagi, serangan seperti itu sangat mudah dan sangat bisa terkena siapapun. Baik itu jurnalis atau orang biasa.

Menyampaikan pesan ke orang lain memanglah membuat orang menjadi salah arti. Terkadang beberapa dari orang lain seperti teman, malakukan Kill The Messenger supaya tidak mempercayainya. 

Baca juga: Pola Pikir Generasi Milenial Untuk Sebuah Teknologi

Oleh sebab itu, Kill The Messenger harusnya berhati-hari. Janganlah terlalu percaya dengan orang lain, apalagi termakan oleh omongannya. Lebih baik mencari tahu informasi valid, mana yang propaganda dan mana disinformasi. Apalagi informasi yang beredar di media sosial, membuat para generasi muda kesulitan untuk memutuskan.

Baca juga: Mengulas Apa itu Stockholm Syndrome  

Kesimpulan

Kill The Messenger haruslah diwaspadai karena dapat membuat seseorang mempercayainya dan membenci orang yang membawa pesan atau info. Bukan hanya itu saja, kill the messenger juga dapat memfitnah orang yang membawa pesan atau info ke orang lain. Dan membuat orang lain tidak mempercayai terhadap orang pembawa pesan atau info tersebut.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel