Pengembang Game Masih Dipandang Sebelah Mata


NewsArt Story - Pengembang Developer Game hanya dipandang sebelah mata, di Indonesia dikategorikan sebagai negara yang memiliki pasar game cukup besar di wilayah Asia Tenggara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun 2020 mencatat bahwa industri game di Indonesia berhasil menyumbang sekitar Rp 24,8 triliun atau 2,19 persen kontribusi terhadap total PDP nasional.

Hingga memperkirakan saat ini pasar game Indonesia bernilai lebih tinggi, yakni di kisaran 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 28,5 triliun). Meski demikian, besarnya nilai pasar tersebut tidak selaras dengan besarnya kontribusi pengembang game asal Tanah Air. Dilihat dari sudut pandang produksi, Menurut sumber beredar menyebut bahwa Indonesia hanya memiliki sekitar 1.000 pekerja yang terlibat dalam industri game. 


Jumlah tersebut terlihat kontras dengan kondisi pasar game di Amerika Utara, Jepang, China dan beberapa wilayah di Eropa, di mana besarnya konsumsi dan kontribusi game lokal sama-sama tergolong imbang. Menurut sumber mengatakan bahwa keadaan industri game di Indonesia terlihat mirip dengan yang terjadi di wilayah Timur Tengah, di mana prodesipengembang (developer) game masih dipandang sebagai sebuah pekerjaan yang tidak menjanjikan.


Stigma ini secara tidak langsung menyebabkan industri game di wilayah tersebut masih belum maju. "Kebanyakan orang harus mencari pekerjaan yang serius seperti insinyur, dokter, pegawai bank, dan juga profesi serupa lainnya. Ini membuat pengembang game dipandang sebelah mata," 


Untuk mendukung perkembangan industri game lokal, Dengan ini berharap pemerintah Indonesia dapat merangkul dengan baik potensi yang ada, sekaligus berupaya untuk melihat jauh secara global. Upaya ini dapat dilakukan dalam berbagai cara, misalnya memberikan bantuan dana bagi studio game kecil yang sangat membutuhkan, turut mengadakan pembinaan, hingga mengadakan promosi komersialisasi game lokal hingga ke pasar internasional. Apakah kalian tertarik menjadi developer game ?