Schema Markup: Pengertian Schema Untuk Blog



NewsArt Story - Pembahasan tips artikel kali mengenai seputar Pengertian Schema Untuk Blog dan apa jenis- jenis schema markup untuk blog. Dengan cara membuat schema untuk blog, bisa mendatangkan lebih banyak traffic dan bukan hanya itu saja, artikel kalian bisa tampil di halaman google loh ! Kalian mungkin sudah tahu atau belum tahu, apa itu Schema Markup ? Berikut ini beberapa pembahasan mengenai Pengertian Schema Untuk Blog :  

Apa Yang Dimaksud Schema Markup Untuk Blog ?


Schema Markup untuk blog sendiri merupakan salah satu jenis data yang berfungsi untuk memberikan informasi dari blog kepada search engine atau mesin pencari. Schema Markup akan bekerja di mesin pencari setelah malakukan analisa halaman pada blog kalian. Pada dasarnya schema markup bukan hanya digunakan untuk google saja tetapi bisa digunakan di yandex, bing dan yahoo. 

 

Bagaimana Fungsi Schema Markup Untuk Blog ? 


Schema berfungsi bukan hanya untuk menampilkan blog kalian muncul, tetapi schema pada blog menjadi penting untuk SEO. Karena itu dapat membuat Rich Snippet tampil di halaman mesin pencari seperti google. Hal ini bisa saja menampilkan kontenmu menjadi relevan dan mendatangkan traffic sekaligus pengunjung yang baik. Mesin pencari memahami konteks kontenmu yang dapat tampil di halaman google. Jadi, Schema Markup dan Rich Snippet sangatlah penting dan tidak bisa kalian lupakan juga. 

 

Lalu Apa Saja Jenis-Jenis Schema Markup ? 

 

1 Schema Markup Organisasi 


Tipe schema markup ini adalah salah satu schema yang tidak asing lagi kita dengar. Schema ini dapat mengumpulkan banyak informasi dari suatu organisasi yakni perusahaan seperti alamat, lokasi, informasi kontak dan media sosial resmi. Mesin pencari akan menampilkan perusahaan dengan brand yang cukup terkenal. 

 

2. Schema Markup Person


Selanjutnya schema person atau yang disebut dengan schema orang. Sesuai dengan namanya schema ini menampilkan suatu informasi atau detail dari sosok yang terkenal seperti nama, tanggal lahir, edukasi dan bahkan riwayat hidup seseorang hingga pencapaiannya hingga sekarang. 

 

3. Schema Markup Lokal Bisnis


Jenis schema yang ini sangatlah penting untuk perusahaan untuk melakukan bisnis. Dengan menggunakan schema blog ini, konsumen dapat mencari dan menemukan informasi tempat suatu perusahaan, nomor telepon, rating, jam operasional tempat dan lainnya. Ada juga tempat yang bisa kalian tanyakan secara bebas. 

 

4. Schema Markup Produk Dan Penawaran


Jenis schema ini digunakan untuk menjual sebuah barang atau jasa kepada konsumen. Dengan schema markup ini, dapat menampilkan harga dan apakah stok masih tersedia dari toko tersebut. Selain itu ada juga deskripsi singkat tentang produk yang mereka tawarkan. 

 

5. Schema Markup Breadcumb


Breadcumb markup adalah sebuah link yang menunjukkan jejak halaman-halaman yang dilewati hingga sekarang. Dengan seperti itu, pengunjung situs bisa tahu dengan jelas darimana link tersebut datang dan dimanakah sekarang. Hal ini sama seperti bounce rate dengan cukup signifikan. 

 

6. Schema Markup Artikel


Schema artikel ini adalah schema yang dapat menampilkan artikel berita yang paling relevan dengan apa yang kalian cari. Biasanya schema ini digunakan untuk situs blog atau situs website. Yang ditampilkan dengan schema artikel ini yakni judul berita, foto, situs mana yang diterbitkan serta waktu publikasi dan penulisnya pun akan terlihat. 

 

7. Schema Markup Video


Selanjutnya schema markup video yang dapat menampilkan sebuah video di halaman google. Ketika seseorang memasukkan kata kunci video, maka google akan menampilkan video yang relevan. Schema ini menampilkan seperti thumbnail, durasi video, serta deskripsi video. 

 

8. Schema Markup Resep 


Yang satu schema untuk kalian yang suka memasak dan ingin tahu resep makanan di google. Ketika kalian mencari suatu resep makanan di mesin pencari, hasil pencarian yang kalian cari akan tampil. Schema ini bersifat kegiatan memasak dengan informasi berapa lama waktu yang dibutukan untuk memasak makanan. 

 

9. Schema Markup Acara


Jenis schema markup acara ini untuk kalian yang ingin mencari tahu detail sebuah acara seperti konser, webinar, festival dan lainnya. Schema jenis ini menampilkan tanggal, lokasi dan harga tiket yang akan kalian beli. 

 

Itulah beberapa Jenis-jenis schema markup untuk pembahasan diatas. Untuk pengertian schema untuk blog kali ini. Kalian mungkin sudah tahu betapa pentingnya membuat sebuah schema untuk blog kalian. Tidak heran jika situs-situs besar menggunakan schema markup. Untuk menghasilkan blog kita muncul di mesin pencari google, dibutuhkan sebuah script JSon untuk dapat melakukan SERP pada artikel yang kalian posting atau terbitkan.


Tidak membutuhkan waktu yang lama, artikel kalian akan muncul di mesin pencarian. Sekian pembahasan seputar Pengertian Schema Untuk Blog kali ini. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran kalian dalam membuat struktur blog. Bukan hanya posting-posting saja, tetapi harus juga membuat struktur pada blog.