Apa Itu Meta Tag ? Inilah Jenis Dan Fungsinya Meta Tag


(Sumber : https://www.newsartstory.com)

NewsArt Story - banyak sekali situs blog yang memiliki meta tag untuk menjadikan blog mereka mudah terlihat di mesin pencarian. Meta tag adalah alat bantu untuk blog secara tidak nampak terlihat tetapi perannya sangat penting. Oleh sebab itu meta tag biasanya ditempatkan disekitar konten pada website atau blog. Apakah kamu tahu apa itu meta tag ? Dan fungsinya untuk apa ? Simak ulasan berikut ini dalam pembahasan artikel kali ini:

 

Apa Itu Meta Tag ? 


Secara popularitas, meta tag adalah sebutan untuk sebuah kode yang disisipi dengan program HTML/xHTML. Tujuan untuk menggunakan meta tag ini yakni untuk memberikan keterangan informasi sebuah website atau blog kepada mesin pencari, agar terlihat di pencarian. 

 

Apa Saja Jenis Dan Fungsi Meta Tag ?


Jenis dan fungsi meta tag memiliki fungsi dan jenisnya berbeda disetiap meta tag. Berikut ini beberapa jenis meta tag dan fungsi meta tag:

 

1. Meta Title Tag (Meta Tag Judul)


Meta title tag sesuai namanya yakni berfungsi memberikan judul di halaman web kalian, ketika kalian klik maka akan memberitahu judul halaman yang kalian akses atau klik. Meta tag judul memberikan gagasan secara jelas mengenai apa isi halaman tersebut yang kalian klik judul halaman website atau blog. Tag judul biasanya tidak terlalu panjang dalam pembuatan, berkisar tiga atau empat kata. 

 

2. Meta Description Tag ( Meta Tag Deskripsi)


Meta description tag ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halaman website kalian secara singkat. Meta tag ini disusun dari beberapa kalimat yang berisi konten halaman agar terlihat di mesin pencarian. 

 

3. Meta Keyword Tag ( Meta Tag Kata Kunci)


Meta keyword tag berfungsi untuk memberikan konten kalian dengan kata kunci kepada google, agar mesin pencarian dapat menjelajahi website atau blog kalian. Biasanya meta tag ini menggunakan tanda koma atau lainnya, sesuai dengan pemilik blog atau website tersebut. Meta keyword tag ini juga berperan penting untuk optimasi SEO, supaya artikel berisi SEO dapat terdeteksi di mesin pencarian. Oleh karena itu google melakukan identifikasi dalam memproses konten kalian. 

 

4. Meta Robot Tag 


Meta robot tag ini sebagai alat yang dapat merayapi blog kalian, semacam robot yang berfungsi untuk melakukan pengindeksan mesin pencarian. Meta tag robot dapat merayapi artikel dan seluruh halaman kalian dengan tolak ukur. Biasanya tolak ukur memiliki 4, yakni sebagai berikut: 

  • Index - Menampilkan halaman di mesin pencarian agar terlihat
  • Follow- Mengikuti link yang ada di halaman ketika kalian klik
  • Noindex- Tidak menampilkan halaman di mesin pencarian 
  • Nofollow- Tidak mengikuti link yang ada di halaman ketika kalian klik

Penggunaan meta robot tag ini lebih baik menggunakan halaman atau artikel yang minim banyak dipencarian. Hal ini untuk konten yang minim dengan masalah thin-content dalam sebuah situs.

 

5. Cannonical Tag


Cannonical tag bukanlah sebuah tag tetapi sebuah link sehingga tidak masuk ke dalam meta tag. Tetapi tag ini berperan juga dalam mesin pencarian. Peran tag ini lebih bekerja dalam menentukan prioritas url sebuah halaman website atau blog agar ada terlihat di urutan halaman google. 

 

Apa Pentingnya Meta Tag ? 


Meta tag memanglah tidak dapat memberikanmu peringkat wabsite atau blog di mesin pencarian, hal ini sudah disampaikan google di tahun 2009. Meta tag adalah membantu website atau blog kalian agar terlihat di mesin pencarian dengan kata kunci pada artikel, bukan untuk membuat blog atau website kalian peringkat atas. 


Mengapa demikian ? Karena meta tag belum tentu sama dengan kata kunci dari user ketik. Itu semua tergantung user atau pengguna ingin mencari topik atau berita seperti apa, tentu dengan kata kunci yang user ketik. Meta tag membantumu agar lebih mudah di index di google, tentu saja SEO juga berperan penting dalam optimasi mesin pencarian google. SEO sendiri sangat berperan dalam membantu website atau blog kalian terlihat di google. 


Tapi jangan senang dulu, karena Google memiliki algoritma yang setiap saat akan berubah, membaca dan menafsirkan kata-kata dari konten artikel yang kalian buat. Hal itu agar google dan mesin pencarian dapat mengarahkan artikel dari website atau blog  kalian ke arah pembaca. 

 

Kesimpulan Meta Tag 


jadi untuk pembahasan meta tag ini yakni meta tag untuk blog dapat dirayapi oleh robot google, agar halaman artikel kalian terdeteksi dan terindex oleh mesin pencarian. Penggunaan meta tag tersebut bisa kalian gunakan. Jadi bukan untuk mengatasi auto visitor, karena cara untuk mengatasi auto visitor atau jingling bisa kalian coba menggunakan cloudflare. 


Apakah script auto visitor atau jingling ampuh ? Sepertinya jawabannya tidak, karena tetap saja masih bisa tembus. Sekian pembahasan mengenai Meta tag untuk kalian belum mengerti seputar Meta Tag itu apa ? Atau apa itu Meta Tag ? Pertanyaan tersebut sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat untuk kalian.