Tahun Baru 2024, Apa Sudah Punya Wisdom? 

Newsartstory.com - Tahun Baru 2024, Apa Sudah Punya Wisdom? Wisdom atau kebijaksanaan adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang baik dan bijaksana, bahkan dalam situasi yang sulit atau kompleks. Kebijaksanaan sering dikaitkan dengan pengalaman, pengetahuan, dan pemahaman yang mendalam tentang dunia.

Baca juga: Intip Seputar "Independent People"

Wisdom di tahun 2024 banyak sekali tujuan hidup yang harus diwujudkan. Apalagi semakin bertambahnya usia yang membuat sekeliling lingkungan atau keluarga menanyakan "kapan nikah?". Kalimat yang sudah bosan ditelinga dan itu hak orang untuk memilih jalan hidupnya atau keputusan hidupnya.

Di tahun 2024 terutama Wisdom, ada beberapa aspek penting dari kebijaksanaan tersebut, yaitu:

• Kognitif: Kebijaksanaan membutuhkan kemampuan kognitif yang tinggi, seperti kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Baca juga: Alami Quarter Life Crisis? Simak Seputar Quarter Life Crisis

• Afektif: Kebijaksanaan juga membutuhkan kemampuan afektif yang tinggi, seperti kemampuan memahami dan mengelola emosi, serta kemampuan untuk menunjukkan belas kasih dan empati.

• Refleksif: Kebijaksanaan membutuhkan kemampuan untuk berpikir reflektif, yaitu kemampuan untuk melihat situasi dari berbagai perspektif dan mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan kita.

Wisdom atau Kebijaksanaan dapat berkembang seiring bertambahnya usia dan pengalaman. Namun, kebijaksanaan juga dapat dipelajari dan dikembangkan melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman hidup.

Berikut adalah beberapa contoh kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari:

● Seorang yang bijaksana dapat membuat keputusan yang tepat untuk kepentingan masyarakatnya, bahkan dalam situasi yang sulit.

Baca juga: Apa Itu Growth Mindset ? Simak Seputar Growth Mindset

● Seorang teman yang bijaksana dapat memberikan nasihat yang baik kepada kita dalam menghadapi masalah.

● Seorang individu yang bijaksana dapat menjalani kehidupannya dengan penuh makna dan tujuan.

● Memiliki tujuan hidup dengan berproses yang baik dan kesehatan batin yang diutamakan

● Berpikir untuk tahun demi tahun ingin seperti apa bukan mau apa di tahun depan.

Baca juga: Apa Itu Educated Self ? Inilah Manfaat Educated Self

Wisdom atau Kebijaksanaan adalah kualitas yang berharga yang dapat membantu kita menjalani hidup dengan lebih baik. Prinsip hidup yang lebih baik dari sebelumnya terutama untuk di tahun 2024. Wisdom haruslah diterapkan untuk seseorang berproses dalam jalani hidup dan meraih kesuksesan di masa yang akan datang. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis